Search

Brimob Polda Kalteng X Shabara Kota Palangka Raya Amankan Ketat Perayaan Sabtu Suci

20

Palangka Raya, Vigili Paskah atau sabtu suci merupakan puncak dari pekan suci paskah yang dirayakan oleh umat katolik diseluruh dunia. Umat Katolik di Gereja Katedral Santa Maria Palangka Raya merayakan malam paskah dengan mengikuti misa sabtu suci secara langsung sesuai dengan jadwal per wilayah yang telah ditentukan oleh panitia perayaan paskah. 

Selain mengikuti misa malam paskah secara offline, Umat katolik Gereja katedral Santa Maria Palangka Raya juga bisa mengikuti misa Sabtu suci secara online yang disiarkan secara langsung atau Live Streaming melalui Channel YouTube Gereja Katedral Santa Maria Palangka Raya.

Malam Paskah berarti malam menjelang Hari Raya Paskah, tepatnya malam Minggu. Hari Sabtu itu dalam liturgi Gereja disebut “Sabtu Suci”. Malam Paskah disebut juga “Vigili Paskah”. Istilah “vigili” berasal dari bahasa Latin “Vigilis”, yang berarti “Berjaga-jaga, siap siaga”. Oleh karena itu, Vigili Paskah berarti berjaga bersama Yesus Kristus yang yang beralih dari kematian menuju kebangkitan.

Perayaan Agung Sabtu Suci atau malam paskah terbagi dalam empat bagian, yaitu upacara cahaya, Liturgi Sabda, Upacara pembabtisan dan liturgi ekaristi. Dalam upacara cahaya, imam memberkati Api Baru di luar Gereja di depan pintu gerbang utama, menandai Lilin Paskah dengan tanda salib angka tahun yang bersangkutan, menancapkan 5 buah dupa simbol luka-luka Kristus, melingkari dua abjad Yunani yakni Alpha dan Omega (Awal dan Akhir).

Menyusul liturgi sabda dengan sembilan kutipan teks Kitab Suci Perjanjian Lama dan Baru. Setiap bacaan diselingi dengan lagu dan doa singkat dalam suasana hening. 

Sesudah homili singkat, dilanjutkan dengan upacara pemberkatan air baptis dan air suci, yang diawali dengan “Litani Para Kudus”. Jika ada katekumen yang telah siap untuk dibaptis, maka diterimakan “Sakramen Permandian” dan Krisma jika upacara liturgi dipimpin oleh seorang Uskup. 

Sesudah pembaharuan janji baptis dalam bentuk tanya jawab antara imam dan umat, maka umat diperciki dengan Air Suci, sesudahnya dilanjutkan dengan liturgi ekaristi. Jika ada neobaptis, maka akan menerima Komuni Pertama.

Misa Perayaan malam paskah atau sabtu suci berlangsung empat kali, yakni Pukul 17.00 WIB, Pukul 20.00 WIB, Pukul 22.00 WIB, dan Pukul 24.00 WIB Serta live Streaming Pukul 17.00 WIB.

Guna mengantisipasi aksi teror saat perayaan Sabtu Suci, puluhan personel Polisi dari Brimob Polda Kalteng bersama Satuan Shabara Polresta Palangkaraya menjaga ketat Gereja Katedral Santa Maria Palangkaraya. Selain mengerahkan personel Polisi bersenjata lengkap, pengaman di Gereja Katedral Palangkaraya juga mewajibkan setiap Umat untuk menunjukkan kartu keanggotaan sebelum memasuki wilayah gereja.



Men For Others


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *