Search

Uskup Palangka Raya Sampaikan Makna Paskah Dalam Situasi Pandemi

161

Palangka Raya, Perayaan Jumat Agung di Gereja Katedral Santa Maria Palangka Raya pada hari Jumat (02/04/2021), berlangsung dengan khidmat yang diikuti secara langsung oleh umat sesuai dengan jadwal masing-masing lingkungan serta disiarkan secara langsung/Live Streaming melalui Channel YouTube Gereja Katedral Santa Maria Palangka Raya.

Perayaan Jumat Agung diawali dengan jalan salib Pukul 07.00 WIB di Gereja Katedral Santa Maria Palangka Raya, dilaksanakan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Kemudian dilanjutkan dengan ibadat sengsara yang berlangsung Pukul 15.00 WIB, Pukul 19.00 WIB, dan Pukul 21.00 WIB.

Perayaan Ekaristi yang dipimpin langsung oleh Uskup Keuskupan Palanga Raya, Mgr. Aloysius Maryadi Sutrisnaatmaka, MSF dalam homilinya menerangkan makna salib, “Makna dan arti yang kita renungkan pada jumat menekankan pentingnya peristiwa penyaliban sebagai sumber keselamatan dan keselamtan itu berdasarkan pada kebangkitan Kristus. Salib yang kita pakai menjadi tanda keselamatan kadang-kadang dipakai oleh orang-orang beriman, oleh orang-orang katolik Ketika berhasil dalam suatu Prestasi” Sebutnya.

Bagi orang Romawi dulu kayu salib adalah hukuman bagi para pembunuh kelas kakap, bagi orang Yahudi salib adalah symbol kutukan dan memalukan, bagi Sebagian orang salib adalah sumber penghinaan. Dan Bagi mereka yang percaya kepada Kristus penyaliban Yesus adalah lambang pengampunan dosa, kemerdekaan dari hukuman dosa, pembenaran dihadapan Allah Bapa, Pemulihan Citra diri dan kesembuhan jasmani dan rohani. Bukan hanya itu, salib adalah symbol kasih Allah Bapa kepada manusia yang berdosa.

Diakhir homilinya Bapak Uskup mengajak Umat Katolik untuk mensyukuri apa yang terjadi, apa yang direncanakan oleh Bapa dan terlaksana dalam Yesus Kristus itu akhirnya semakin mempersiapkan diri kita merayakan peristiwa kebangkitan Kristus melalui jalan-jalan terjal yang tidak mudah.

Perayaan Jumat agung di Gerja Katedral Santa Maria dijaga ketat Oleh personel polisi dan Brimob Polda Kalteng bersama satuan Shabara Polresta Palangka Raya.



Men For Others


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *