Search

Pembentukan LP3KD Provinsi Kalimantan Tengah Periode 2017-2022

465

Pertemuan Tokoh Agama Katolik, Pembimas Katolik Kalteng dan Instansi terkait dalam rangka Pembentukan Lembaga Pembinaan dan Pengembangan Pesta Paduan Suara Gerejani Katolik Daerah (LP3KD) Provinsi Kalimantan Tengah dan Penetapan Pengurus LP3KD Periode 2017-2022 dilaksanakan di Aula Kemenag Provinsi Kalimantan Tengah pada Selasa, 19 September 2017.

Dalam pertemuan tersebut hadir Kakanwil Kemenag Provinsin Kalimantang Tengah H Abdul Halim, Pembimas Katolik Kalimantan Tengah Wilhelmus Y. Ndoa, Vikjen Keuskupan Palangka Raya, RD. Silvanus Subandi serta beberapa Tokoh Agama Katolik.

Dalam sambutannya, Abdul Halim menyampaikan bahwa sangat mendukung bila LP3KD Provinsi Kalteng segera dibentuk. Beliau menganjurkan agar pengurusnya segera dipilih agar pembinaan cepat dilaksanakan. Apabila susunan pengurus sudah ada, beliau mengharapkan agar segera dilaporkan kepada Gubernur untuk di SK-kan. Beliau juga menegaskan agar pengurus yang dipilih adalah personil yang benar-benar komit dalam memajukan organisasi LP3KD.

Selanjutnya, Wilhelmus selaku Pembimas Katolik Kalteng menyampaikan beberapa hal yang melatarbelakangi pembentukan LP3KD. Beliau mengatakan bahwa dasar hukum pembentukan LP3KD adalah PMA Nomor 35 tahun 2016 tentang Lembaga Pembinaan dan Pengembangan Pesta Paduan Suara Gerejani Katolik sebagai pelaksanaan Pesparani Katolik, Keputusan Dirjen Bimas Katolik Kemenag RI No. 2318 Tahun 2017 Tentang Pedoman Pembentukan dan Pengelolaan LP3K. Hal ini merupakan penegasan bahwa landasan yuridis keberadaan LP3K di Indonesia sudah diakui.

Selain daripada landasan hukum di atas, Wilhelmus juga mengatakan bahwa pembentukan LP3KD ini merupakan jawaban dari kerinduan umat Katolik yang disampaikan pada Musayawarah Luar Biasa LP3K Nasional. Musyawarah Luar Biasa ini didorong oleh semangat kegiatan Pesparani Katolik yang dilaksanakan di Ambon selama tiga tahun berturut-turut. Dari Ambon menuju Indonesia dan Kerinduan umat/masyarakat Katolik utk saling berdialog, bekerja sama dalam membangun kerukunan umat beragama untuk mewujudkan Indonesia yang damai, harmonis dan bersatu merupakan visi yang memberi warna dalam mendorong terbentuknya LP3K.

Pertemuan ini dilaksanakan selama satu hari dan diakhiri dengan pemilihan pengurus LP3KD Provinsi Kalteng. Pengurus terpilih akan melaksanakan tugas selama lima tahun berdasarkan Keputusan Dirjen Bimas Katolik. (fh)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *